Google Fonts Android Studio

Cara Menggunakan Custom Fonts pada Aplikasi Android (Android Studio)

Juli 27, 2020 10:34 pm Dipublikasikan oleh

Menambah Font pada Tema Material Design Aplikasi Android

Terdapat dua cara untuk menambahkan font pada aplikasi, cara pertama yaitu dengan mengimpor font ke dalam folder resource font, sedangkan cara kedua yaitu menggunakan fitur Downloadable Fonts, disini saya akan membahas mengenai fitur Downloadable Fonts yang ada pada Android Studio. Tentu karena lebih mudah daripada cara sebelumnya.

Downloadable Fonts adalah fitur penggunaan fonts dari Google dengan salah satu fiturnya adalah fonts akan diunduh oleh Google Play Services, sehingga ketika ada aplikasi lain menggunakan fonts yang sama maka tidak perlu lagi aplikasi tersebut mengunduh fonts lagi. Hal ini tentu akan mengurangi ukuran file apk aplikasi, mengurangi penggunaan data seluler, dan hemat ruang penyimpanan.

Cara menambah font pada aplikasi android adalah sebagai berikut :

1. Buka Resource Manager, pilih tab Font

Resource Manager - Font Tab

2. Klik pada tanda [+] , pilih More Fonts..

Resource Manager More Fonts

3. Selanjutnya akan muncul dialog box font, silakan cari font yang diinginkan, Anda bisa menelusuri berbagai font yang disediakan oleh Google Fonts

Search Google Fonts Android Studio

Pada gambar di atas saya memilih font Special Elite, kemudian pilih OK untuk melanjutkan.

Beberapa resource akan ter-generate secara otomatis, namun kita bisa fokus pada resource yang ada di dalam folder font. Karena saya memilih font Special Elite maka di dalam folder font akan ada resource special_elite.xml seperti gambar di bawah ini

special elite xml in fonts folder

Cara Memakai Custom Fonts pada Aplikasi Android

Setelah resource font dibuat, maka ada beberapa cara yang umum digunakan untuk mengubah font pada aplikasi Android, yaitu :

1. Menggunakan atribut android:fontFamily pada view secara langsung

Kita hanya perlu menambahkan atribut android:fontFamily berisi nama resource font ke dalam view seperti gambar di bawah ini

add fontFamily to widget view Android Studio

2. Memasukkan atribut android:fontFamily ke dalam style android:textAppearance

Cara kedua ini sangat direkomendasikan terutama jika aplikasi yang akan dibuat memiliki banyak view. Dengan menggunakan style maka kita tidak perlu lagi mengubah fontFamily pada masing-masing view, cukup pada style-nya saja.

Buka styles.xml, buat style baru dengan parent style textAppearance yang diinginkan, semisal saya membuat style baru dengan custom font yang mewarisi style MaterialComponents.Body1 seperti berikut ini :

<style name="Body1SpecialElite" parent="TextAppearance.MaterialComponents.Body1">
<item name="android:fontFamily">@font/special_elite</item>
</style>

Maka Anda bisa menggunakan style teks tersebut pada view yang diinginkan menggunakan atribut android:textAppearance seperti kode berikut ini :

<TextView
android:id="@+id/text_view"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_marginTop="8dp"
android:textAppearance="@style/Body1SpecialElite"
app:layout_constraintEnd_toEndOf="parent"
app:layout_constraintStart_toStartOf="parent"
app:layout_constraintTop_toBottomOf="parent" />

selain kita bisa menyetel style teks masing-masing view, kita juga bisa menyetel custom font sebagai font standar dalam aplikasi, sehingga semua huruf akan menggunakan font tersebut.

3. Menyetel Custom Font sebagai font standar (default)

Jika Anda ingin menjadikan custom font sebagai font standar pada aplikasi Android, maka Anda hanya perlu menambah atribut android:fontFamily ke dalam custom theme yang telah Anda buat.

Kurang lebih kodenya seperti ini :
<style name="AppTheme" parent="Theme.MaterialComponents.Light.NoActionBar">
<!-- Customize your theme here. -->
<item name="colorPrimary">@color/colorPrimary</item>
<item name="colorPrimaryDark">@color/colorPrimaryDark</item>
<item name="colorAccent">@color/colorAccent</item>
<item name="android:fontFamily">@font/special_elite</item>
</style>

selanjutnya jadikan tema tersebut sebagai tema utama aplikasi, ubah atribut android:theme yang ada di AndroidManifest.xml

Catatan : Contoh di atas menggunakan Material Design, jika Anda belum familiar dengan Material Design silahkan baca artikel : Penggunaan Material Design pada Aplikasi Android (Android Studio)

Sekian tutorial kali ini, jika ada kekurangan dan kesalahan maka saya mohon maaf, silahkan tulis komentar jika Anda memiliki kritik dan saran agar artikel ini bisa lebih baik lagi atau Anda memiliki pertanyaan yang sesuai isi artikel.

Terima kasih.

Label : , , ,

Dikategorikan pada: ,

Loading comments…